Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Kasihan Bantul

Kodariyati, Laila (2015) Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Kasihan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laila-kodariyati-13711251027.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi matematika; (2) pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; dan (3) pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-gugus Kecamatan Kasihan Bantul tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dari populasi yang ada diambil 3 kelas sebagai sampel. Dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model PBL dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran ekspositori. Kelas yang diperoleh adalah kelas VA SDN Kasongan (eksperimen 1), kelas VB SDN Kasongan (eksperimen 2) dan kelas V SDN Kalangan (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian objektif untuk mengukur kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas secara multivariat menggunakan uji Box’s M dan secara univariat menggunakan Levene’s Test. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test, uji MANOVA dengan rumus T2 Hotelling, dan dilanjutkan dengan uji kriteria Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,025 (independent sample t-test); (2) model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,025 (independent sample t-test); (3) model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama (MANOVA) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan penghitungan dengan menggunakan kriteria Bonferroni, diketahui bahwa kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Keseluruhan penghitungan menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika kelas V SD se-Gugus Kecamatan Kasihan Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model PBL, kemampuan komunikasi matematika, dan kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2015 07:05
Last Modified: 09 May 2019 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item