PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DAN FISIKA DI SD, SMP, DAN SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN

Rahayu, Dwisiwi SR and Yusman, Wiyatmo and Suharyanto, Suharyanto (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DAN FISIKA DI SD, SMP, DAN SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN. Artikel Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan modul gempabumi yang sudah berhasil dikembangkan melalui hibah penelitian STRANAS tahun 2009 untuk pembelajaran di sekolah. Penelitian ini mengembangkan dan menghasilkan (1)buku bencana alam gempabumi, tsunami, gunungapi, dan longsor, (2) perangkat pembelajaran dan media pembelajaran IPA di SD dan SMP serta Fisika di SMA yang terintegrasi pendidikan kebencanaan gempabumi, tsunami, gunungapi, dan longsor yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Pada tahap Define, merencanakan materi buku bencana gempabumi, tsunami, gunungapi, dan longsor, dan identifikasi SK dan KD IPA kurikulum SD dan SMP serta Fisika kurikulum SMA yang berpotensi diintegrasi pendidikan bencana. Tahap Desain: mengembangkan buku, perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan LKS), dan media pembelajarannya. Tahap Develop: Validasi draft produk oleh validator ahli – revisi, ujicoba pembelajaran 1 – revisi, dan ujicoba pembelajaran 2 – revisi. Tahap Disseminate: implementasi perangkat pembelajaran terintegrasi pendidikan kebencanaan dan media pembelajarannya di SD, SMP, dan SMA yang rawan terhadap satu atau lebih bencana. Data penelitian ini adalah penguasaan materi IPA/Fisika dan materi bencana, tingkat kesadaran bahwa siswa tinggal di daerah rawan bencana, pemahaman akan pentingnya kesiapsiagaan. Data penelitian dijaring melalui angket, tes, dan pengamatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mendapatkan perangkat pembelajaran terintegrasi pendidikan kebencanaan dan media pembelajarannya. Telah teridentifikasi SK dan KD yang berpotensi terintegrasi pendidikan kebencanaan gempabumi, tsunami, gunungapi, dan longsor untuk mata pelajaran IPA di SD adalah SK 10, KD (10.1, 10.2, 10.3), SK 11, KD 11.3 di kelas IV semester 2, serta SK 7, KD 7.6 di kelas V semester 2; pada tingkat SMP adalah SK 1, KD 1.5 dan SK 6, KD 6.1 di kelas VIII semester 2; pada tingkat SMA yaitu SK 1, KD (1.5, 1.6) di kelas XI semester 1 dan SK 1, KD (1.1, 1.2, 1.3) di kelas XII semester 1. Telah dihasilkan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika yang terintegrasi pendidikan kebencanaan. Pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan, berakibat pada meningkatnya kesadaran siswa bahwa mereka tinggal di daerah yang rawan bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan siswa pada bencana alam.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2013
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, media pembelajaran, pendidikan kebencanaan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:06
Last Modified: 06 Jul 2015 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22588

Actions (login required)

View Item View Item