Pengaruh Strategi REAP terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Menulis Parafrase Siswa Kelas V SD se-Gugus 3 Kotagede Yogyakarta

Cahyaningtyas, Andarini permata (2015) Pengaruh Strategi REAP terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Menulis Parafrase Siswa Kelas V SD se-Gugus 3 Kotagede Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andarini-permata-cahyaningtyas-13712251045.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi REAP terhadap: (1) kemampuan membaca pemahaman, (2) kemampuan menulis parafrase, serta (3) kemampuan membaca pemahaman dan menulis parafrase siswa kelas V SD se-gugus 3 Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Desain dengan dua kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan strategi REAP dan satu kelompok kontrol dengan teknik menggaris bawahi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus 3 Kotagede Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Baluwarti sebagai kelompok eksperimen I, siswa kelas VC SD Kotagede I sebagai kelompok eksperimen II, dan siswa kelas V SD Kotagede 5 Yogyakartasebagai kelas kontrol yangdipilih dengan teknik cluster random sampling. Instumen yang digunakan adalah tes. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk. Reliabilitas instrumen dinyatakan baik dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,734. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dan Manova dengan rumus Hotteling’s Trace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi REAP memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap:(1) kemampuan membaca pemahaman yang dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai thitung = 4,914 dengan signifikansi 0,000 di kelas eksperimen I dan thitung = 3,286 dengan sig = 0,002 di kelas eksperimen II; (2) kemampuan menulis parafrase yang dibuktikan dengan nilai thitung = 5,149 dengan sig = 0,000 di kelas eksperimen I dan thitung = 5,118 dengan sig = 0,000 di kelas eksperimen II; dan (3) kemampuan membaca pemahaman dan menulis parafrase yang dibuktikan dengan hasil penghitungan Manova yang menunjukkan nilai F = 12,994 dan sig = 0,000. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa strategi REAP dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan menulis parafrase siswa kelas V SD se-gugus 3 Kotagede Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, strategi REAP, membaca pemahaman, menulis parafrase
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jul 2015 01:25
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22583

Actions (login required)

View Item View Item