PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH AWALIYAH MATAHA’UL ANWAR MALINGPING KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN

M Diki Teguh, Setiawan (2015) PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH AWALIYAH MATAHA’UL ANWAR MALINGPING KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhamad Diki Teguh Setiawan.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) Pembagian tugas guru di Madrasah Diniyah Yang dilakukan dilihat dari guru. (2) Kurikulum Pendidikan Diniyah yang diterapkan untuk Wajib Belajar Madrasah Diniyah di Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar Malingping Kabupaten Lebak Provinsi Banten (3) Keadaan peserta didik Madrasah Diniyah Yang dilakukan dilihat dari guru. (4) Proses belajar mengajar di Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah diniyah awaliyah dan guru. Teknik yang digunakan dalam pengempulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) Pembagian tugas guru di Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar Malingping diberi tugas sebagai wali kelas sekligus merangkap guru kelas dan salah satu guru diberi tugas tambahan yaitu sebagai koordinator. Masing-masing guru mendapatkan pembagian tugas semua pelajaran dimana beban mengajar 17,7 jam per minggu dari 18 jam pelajaran perminggu tiap guru yang diwajibkan oleh departemen agama. (2) Kurikulum yang digunakan oleh Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar Malingping berdasarkan KTSP yang diwajibkan oleh departemen agama setempat, tetapi ada perbedaan muatan kurikulum dan perbedaan alokasi jam pelajaran, perbedaan lainnya dalam hal KTSP adalah bahwa Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar Malingping tidak memiliki RPP. (3) Keadaan peserta didik Prestasi di Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar Malingping di bagi menjadi prestasi akademik dan non akademik, prestasi akademik mengalami kemajuan dilihat dari ujian akhir Madrasah tahun ajaran 2007/2008 dibandingkan tahun ajaran 2006/2007. Angka mengulang yang terjadi di Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar Malingping mengalami penurunan pada tahun pelajaran 2007/2008 dibandingkan tahun ajaran 2006/2007. (4) Proses Belajar Mengajar (PBM) Di Madrasah Diniyah Awaliyah Matha’ul Anwar Malingping terbagi dalam 3 (tiga) tahap, yaitu : Perencanan, pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 02 Jul 2015 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item