PERSEPSI DAN HARAPAN SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Shiska, Megawati (2011) PERSEPSI DAN HARAPAN SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Other (FIS)
SHISKA MEGAWATI-06401244015.PDF

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui : 1) persepsi siswa SMK N se-Kota Yogyakarta terhadap kemampuan mengajar guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn); 2) harapan siswa SMK N se-Kota Yogyakarta terhadap kemampuan mengajar guru mata pelajaran PKn; dan 3)perbedaan persepsi dan harapan siswa berdasarkan jenis kelamin terhadap kemampuan mengajar guru mata pelajaran PKn di SMK N se-Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK N se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 9915 siswa. Adapun besarnya sampel dalam penelitian ini menggunakan ketentuan yang dikembangkan Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 10% dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 263 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Multistages Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dari Karl Pearson kemudian dikorelasikan menggunakan rumus Part Whole Correlation; sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif melalui perhitungan Mean, Median, Modus, dan Standar Deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) siswa SMK N se-Kota Yogyakarta, mempunyai persepsi sedang terhadap kemampuan mengajar guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), hal ini berdasarkan persentase kategori tinggi sebesar 12 %, sedang 80 %, dan rendah 8%; 2) siswa SMK N se-Kota Yogyakarta, mempunyai harapan tinggi terhadap kemampuan mengajar guru mata pelajaran PKn, hal ini berdasasarkan persentase kategori tinggi sebesar 60 %, sedang 38 %, dan rendah 2 %; 3) Tidak ada perbedaan persepsi dan harapan antara siswa laki-laki dan perempuan terhadap kemampuan mengajar guru mata pelajaran PKn, karena sama-sama memiliki persepsi kategori sedang dan harapan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 01 Jul 2015 00:40
Last Modified: 30 Jan 2019 00:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item View Item