PENERAPAN MODEL CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 GEDANGSARI, GUNUNGKIDUL

Bunthas Permana, Sakti (2012) PENERAPAN MODEL CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 GEDANGSARI, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Bunthas Permana S. (08416241045).pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar dan kreativitas siswa SMP N 3 Gedangsari kelas VII A yang masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar dan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS di SMP N 3 Gedangsari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Gedangsari tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan data melalui lembar observasi motivasi belajar dan kreativitas siswa siswa, angket respon siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis datakuantitatif dan analisis data kualitatif. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi dan angket respon siswa yang dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan indikator yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kreativitas siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Card Sort menunjukkan bahwa rata-rata seluruh indikator baik dari aspek motivasi belajar maupun kreativitas siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi untuk pra tindakan dan tiap siklus, yaitu motivasi belajar pada pra tindakan sebesar 47 % meningkat menjadi 81% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 91% pada siklus 2 dengan hasil angket pada pra tindakan sebesar 67%, siklus 1 sebesar 76% dan menjadi 80% pada siklus 2. Pada aspek kreativitas siswa pada siklus 1 sebesar 66% dan meningkat menjadi 73% pada siklus 2. Dari hasil angket respon siswa, kreativitas siswa pada pra tindakan yaitu sebesar 51%, pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 62%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 67%.Adapun kendala dalam penerapan pembelajaran model Card Sort ini adalah membutuhkan kecermatan dan waktu yang lama untuk menilai kemunculan kreativitas siswa . Kata kunci: Model Card Sort, Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar, Kreativitas Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:17
Last Modified: 30 Jan 2019 00:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21894

Actions (login required)

View Item View Item