EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Sari, Desri Puspita (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Desri Puspita Sari 09204244040.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis peserta didik kelas XI SMA N 1 Depok Sleman antara yang diajar dengan menggunakan multimedia Prezi dan yang diajar dengan menggunakan media konvensional, (2) efektivitas penggunaan multimedia Prezi dalam pembelajaran keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan jenis kuasi ekperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Depok Sleman yang berjumlah 200 peserta didik. Desain penelitian ini adalah Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari dua kelas yakni XI IPA2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 peserta didik dan XI IPS2 sebagai kelas kontrol 35 peserta didik. Data penelitian diambil dengan menggunakan tes menulis. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah realibilitas Alpha Cronbach. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menghasilkan (1) nilai thitung > ttabel yaitu 3,025 > 2,000 dengan df 69 pada taraf signifikansi 5%, hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Prancis peserta didik antara kelompok yang diajar dengan menggunakan multimedia Prezi dan dengan media konvensional, (2) perhitungan nilai rerata gain score, kelompok eksperimen mempunyai rerata gain score sebesar 0,45 yang lebih besar daripada rerata gain score pada kelompok kontrol sebesar -0,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia Prezi lebih efektif dari pada menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, prezi, menulis bahasa prancis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 29 Jun 2015 01:14
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item