INTERNALISASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI I CANGKRINGAN

Ikfi Muallifa, Izzati (2013) INTERNALISASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI I CANGKRINGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (136MB) | Preview

Abstract

Pendidikan memainkan peranan yang penting di dalam drama kehidupan dan kemajuan umat manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan penanaman nilainilai karakter guna membentuk sikap nasionalisme. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan; (2) mengetahui penerapan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah sejarah di SMA Negeri I Cangkringan; dan (3) mengetahui internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada dua guru sejarah dan 14 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah naratif deskriptif. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan dalam setiap kegiatan pembelajaran sudah mencantumkan nilai-nilai karakter, ini dapat dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang diterapkan di kelas; (2) guru sejarah melakukan penerapan nilai-nilai nasionalisme dengan cara mengaplikasikan nilai-nilai karakter yang sudah tercantum dalam RPP dan disesuaikan dengan materi sejarah. Penerapan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan menggunakan metode ceramah, debat aktif, dan diskusi kelompok; (3) internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah yang di lakukan oleh guru sejarah SMA Negeri I Cangkringan berlangsung di dalam kelas dan di luar kelas dengan menggunakan ilmu terapan. Internalisasi di dalam kelas merupakan aplikasi dari RPP sedangkan ilmu terapan yang dilakukan menyesuaikan dengan materi sejarah. Kata kunci: Internalisasi, nasionalisme, pembelajaran sejarah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21683

Actions (login required)

View Item View Item