Ikfi Muallifa, Izzati (2013) INTERNALISASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI I CANGKRINGAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB II.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB III.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB IV.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB V.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
8.LAMPIRAN.pdf Download (136MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan memainkan peranan yang penting di dalam drama kehidupan dan kemajuan umat manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan penanaman nilainilai karakter guna membentuk sikap nasionalisme. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan; (2) mengetahui penerapan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah sejarah di SMA Negeri I Cangkringan; dan (3) mengetahui internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada dua guru sejarah dan 14 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah naratif deskriptif. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan dalam setiap kegiatan pembelajaran sudah mencantumkan nilai-nilai karakter, ini dapat dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang diterapkan di kelas; (2) guru sejarah melakukan penerapan nilai-nilai nasionalisme dengan cara mengaplikasikan nilai-nilai karakter yang sudah tercantum dalam RPP dan disesuaikan dengan materi sejarah. Penerapan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Cangkringan menggunakan metode ceramah, debat aktif, dan diskusi kelompok; (3) internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran sejarah yang di lakukan oleh guru sejarah SMA Negeri I Cangkringan berlangsung di dalam kelas dan di luar kelas dengan menggunakan ilmu terapan. Internalisasi di dalam kelas merupakan aplikasi dari RPP sedangkan ilmu terapan yang dilakukan menyesuaikan dengan materi sejarah. Kata kunci: Internalisasi, nasionalisme, pembelajaran sejarah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 28 Jun 2015 21:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21683 |
Actions (login required)
View Item |