Rahmadani, Efendi (2014) JAMINAN KENYAMANAN PEJALAN KAKI DALAM TATA KELOLA TRANSPORTASI (TRASPORTATION GOVERNANCE) DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
1. SURAT IJIN PENELITIAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. PEDOMAN WAWANCARA.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
3. PEDOMAN OBSERVASI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERWAL YOGYAKARTA NO 62 TAHUN 2009.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
5. PERJANJIAN KERJASAMA NOMOR 07 PERJ. YK 2012.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
6. POSITION PAPER MENINGKATKAN KOTA LAIK PEJALAN KAKI DI KOTA YOGYAKARTA.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
7. SUTIP-factsheet-Yogyakarta.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
8. COMPANY PROFILE PT JOGJA TUGU TRANS.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKASAN.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami jaminan kenyamanan pejalan kaki dalam tata kelola transportasi (transportation governance) di Kota Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Kota Yogyakarta, dengan subjek penelitian mengambil perwakilan dari tiga stakeholders yaitu Pemerintah Kota Yogyakarta (SPKD dan Kecamatan), Swasta (GIZ dan PT Jogja Tugu Trans) dan Masyarakat (KPBB, WALHI Yogyakarta dan Paguyuban PKL). Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber digunakan mengecek keabsahan data penelitian dengan membandingkan jawaban dari berbagai sumber dengan pertanyaan yang serupa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan governance belum berjalan dengan baik sehingga belum dapat menjamin kenyamanan pejalan kaki. Meskipun telah disepakati program yang berkenaan untuk memberikan jaminan tersebut seperti kegiatan kota layak pejalan kaki, rencana pedestrianisasi Malioboro dan penyediaan moda angkutan terintegrasi. Penyebab governance belum berjalan baik karena terdapat kendala seperti ketergantungan stakeholders terhadap peran pemerintah, keterbatasan peran swasta dan masyarakat, koordinasi antar SKPD kurang, masih adanya pelanggaran hak pejalan kaki, dan sektor transportasi yang belum mendukung. Hal tersebut membuat governance belum memenuhi prinsip-prinsip governance yang baik diantaranya rule of law, responsiveness, kesetaraan, efektifitas dan efisiensi dan akuntabilitas. Kata kunci : Jaminan, Pejalan Kaki, Governance.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Administrasi Negara FIS |
Date Deposited: | 28 Jun 2015 21:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21650 |
Actions (login required)
View Item |