Hubungan Intensitas Siswa Mengikuti Kepramukaan dan Perhatian Guru dengan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Medan Marelan

Manullang, Lenny faridah hannum (2015) Hubungan Intensitas Siswa Mengikuti Kepramukaan dan Perhatian Guru dengan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Medan Marelan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lenny-farida-hannum-manulang-13712259010.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan (1) intensitas siswa mengikuti kepramukaan dengan kedisiplinan siswa, (2) perhatian guru dengan kedisiplinan siswa, dan (3) intensitas siswa mengikuti kepramukaan dan perhatian guru dengan kedisiplinan siswa. Penelitian kuantitatif ini didesain dengan metode penelitian korelasional deskriptif. Sampel penelitian yaitu 320 responden dari ukuran populasi 2.196, seluruh siswa kelas V sekolah dasar negeri di Kecamatan Medan Marelan yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar skala intensitas siswa mengikuti kepramukaan, lembar skala perhatian guru, dan lembar skala kedisiplinan siswa. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan regresi berganda dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas siswa mengikuti kepramukaan dengan kedisiplinan siswa, dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,454, dan p = 0,000; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian guru dengan kedisiplinan siswa, dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,454, dan p = 0,000; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas siswa mengikuti kepramukaan dan perhatian guru dengan kedisplinan siswa, F = 73,117, p = 0,000. Perubahan kedisiplinan siswa yang dapat diterangkan oleh intensitas siswa mengikuti kepramukaan dan perhatian guru secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar R2= 0,316 (31,6%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas siswa mengikuti kepramukaan (X1), dan perhatian guru (X2), semakin tinggi hubungannya dengan kedisplinan siswa (Y).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: intensitas, perhatian, kedisiplinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:08
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21488

Actions (login required)

View Item View Item