PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Nurmala, Khoirunisa (2015) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nurmala 07520244106.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

vii ABSTRAK PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DI INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh : Nurmala Khoirunisa NIM.07520244106 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar di Internet terhadap Prestasi Belajar TIK pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta, (2) Mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar TIK pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta, (3) Mengetahui pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar di Internet dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar TIK pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 4 Yogyakarta. Jumlah populasi sebesar 240 siswa dan sampel yang digunakan adalah 137 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket (kuesioner) digunakan untuk mengumpulkan data variabel Pemanfaatan Sumber Belajar di Internet dan Motivasi Belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel Prestasi Belajar TIK yang diperoleh dari data nilai ujian semester. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 32 responden, yakni seluruh siswa kelas XI IPA 2. Uji validitas dilakukan dengan Judgement Experts dan teknik analisis Product Moment. Sedangkan, uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, multikolinearitas dan linearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan teknik analisis regresi ganda dua prediktor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pemanfaatan Sumber Belajar di Internet terhadap Prestasi Belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta, dengan kuat pengaruh sebesar 61,1%, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta, dengan kuat pengaruh sebesar 79,9%, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pemanfaatan Sumber Belajar di Internet dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta, dengan kuat pengaruh sebesar 88%. Kata kunci : Pemanfaatan Sumber Belajar di Internet, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 23:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item