HUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI S1 PGSD UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

Nila, Prawitasari Kristyaningrum (2015) HUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI S1 PGSD UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nila Prawitasari Kristyaningrum 07520241032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PROGRAM STUDI S1 PGSD UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA Oleh: Nila Prawitasari Kristyaningrum NIM 07520241032 Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah mencari hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning, mencari hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar mahasiswa. Dan mencari hubungan tingkat keterampilan TIK dengan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat keterampilan TIK mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW, 2) Mendeskripsikan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW terhadap penggunaan e-learning, 3) Mendeskripsikan hubungan antara tingkat ketrampilan TIK dengan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW terhadap penggunaan e-learning, 4) Mendeskripsikan hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar dan 5) Mendeskripsikan hubungan antara tingkat ketrampilan TIK terhadap dengan hasil belajar mahasiswa. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang mencari hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning, persepsi dengan hasil belajar, dan keterampilan TIK dengan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa progam S1 PGSD FIKP UKSW peserta perkuliahan yang diselenggarakan dengan E-learning. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data dilakukan dalam 2 tahapan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik korelasi dengan menggunakan Kendal Tau. Berdasar hasil analisis statistik korelasi dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning. Tetapi tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara keterampilan TIK dengan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 23:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20846

Actions (login required)

View Item View Item