Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe FLash® pada Pembelajaran Tematik Integratif berbasis Scientific Approach subtema Keindahan Alam Negeriku Kelas IV SD Negeri Serayu

Pangestika, Rintis Rizkia (2015) Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe FLash® pada Pembelajaran Tematik Integratif berbasis Scientific Approach subtema Keindahan Alam Negeriku Kelas IV SD Negeri Serayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis_rintis-rizkia-pangestika_13712251023.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan multimedia interaktif Adobe Flash® pada pembelajaran tematik integratif berbasis scientific approach subtema Keindahan Alam Negeriku kelas IV SD Negeri Serayu yang layak, dan (2) mengetahui keefektifan multimedia interaktif Adobe Flash® pada pembelajaran tematik integratif berbasis scientific approach subtema Keindahan Alam Negeriku kelas IV SD Negeri Serayu. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangannya meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; (10) Diseminasi. Subjek uji coba produk multimedia interaktif ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk multimedia interaktif, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak dan efektif. Kelayakan dapat dilihat dari aspek materi yang memperoleh skor 167 dengan kategori “baik”, aspek media memperoleh nilai 169 dengan kategori “sangat baik” dan respon guru juga memperoleh nilai 91 dengan kategori “sangat baik”. Keefektifan dapat dilihat dari aktivitas peserta didik memperoleh skor 19,74 dan respon peserta didik memperoleh skor 15 dengan kategori “sangat baik”. Selain itu, dapat dilihat pada prestasi belajar perserta didik yang ditunjukkkan dengan adanya perbedaan nilai post-test antara kelompok eksperimen (menggunakan multimedia interaktif Adobe Flash®) dan kelompok kontrol (tidak menggunakan multimedia interaktif Adobe Flash®) yang ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,680 lebih besar dari ttabel = 2,060 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001. Selanjutnya, kelompok eksperimen memiliki perubahan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, tematik integratif, scientific approach
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jun 2015 01:35
Last Modified: 09 May 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20331

Actions (login required)

View Item View Item