Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Sub Tema “Hebatnya Cita-Citaku” Kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta

Prastya, Dicky (2015) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Sub Tema “Hebatnya Cita-Citaku” Kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dicky-prastya-13712251024.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan multimedia interaktif Adobe flash yang layak pada pembelajaran tematik integratif subtema “Hebatnya Cita-Citaku” kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta, (2) mengetahui keefektivan multimedia interaktif Adobe flash pada pembelajaran tematik integratif subtema “Hebatnya Cita-Citaku” kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi 4 langkah, yaitu: (a) eksplorasi, (b) pengembangan produk, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) pemanfaatan. Subjek uji coba lapangan awal adalah 4 peserta didik kelas IV SD Negeri Glagah. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 15 peserta didik kelas IV SD Negeri Glagah. Subjek uji pelaksanaan lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 30 peserta didik kelas IV SD Negeri Glagah dan pada kelas kontrol sebanyak 29 peserta didik kelas IV SD Negeri Glagah. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket evaluasi produk multimedia interaktif, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif menurut ahli materi dan ahli media berkategori “sangat baik”. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan multimedia interaktif p < 0,05 selanjutnya terjadi pula peningkatan yang signifikan dengan p = 0,005.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, tematik integratif, scientific approach
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:26
Last Modified: 09 May 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20208

Actions (login required)

View Item View Item