EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN TABOO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA N 1 CILACAP

Praningdhita, Annisa (2013) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN TABOO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA N 1 CILACAP. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Annisa Praningdhita 08204241019.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajaryang signifikan antara siswa yang diajar dengan media permainan Taboo dan yang diajar dengan media konvensional (papan tulis dan buku bahan ajar), (2) penggunaan media permainan Taboo lebih efektif atau tidak dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Cilacap. Dalam penelitian ini untuk menentukan sampel menggunakan teknik random sampling dan sampelnya adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang juga berjumlah 32 siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas inter-rater. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2,425 dengan df = 62 dan kemudian dikonsultasikan pada t- tabel dengan taraf signifikansi 5%, yaitu sebesar 1,999 yang berarti bahwa nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara yang diajar dengan media permainan Taboo dan yang diajar dengan media konvensional dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis. Selain itu, dapat dilihat dari rata-rata gain score antara kelas eksperimen sebesar 0,33 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu sebesar 0,27. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa media permainan Taboo lebih efektif daripada penggunaan media konvensional (papan tulis dan buku bahan ajar) dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: taboo, berbicara, SMA N 1 Cilacap
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 01:33
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20067

Actions (login required)

View Item View Item