EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BINGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Sari, Kharisma (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BINGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Kharisma Sari 07204244036.pdf

Download (68MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) ada tidaknya perbedaan kemampuan menyimak bahasa Prancis pada siswa yang diajar menggunakan media Bingo dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media Bingo; (b) efektivitas penggunaan media Bingo dalam mendukung keterampilan menyimak bahasa Prancis pada siswa yang diajar menggunakan media Bingo dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media Bingo. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta. Teknik untuk menentukan sampel adalah simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 5 (32 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 (29 siswa) sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk dan reliabilitas yang digunakan adalah Alpha Cronbach. Teknik analisis data meggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 7,112 dengan db = 59 dan t-tabel sebesar 1,671 dengan taraf signifikansi 5%; yang artinya terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media Bingo dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media Bingo. Dari hasil mean posttest kelas eksperimen yaitu 80,8 dengan peningkatan skor sebesar 16,3 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 65,7 dengan peningkatan skor sebesar 3,8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Bingo dalam pembelajaran Bahasa Prancis lebih efektif daripada tidak menggunakan media Bingo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bingo, menyimak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 06:22
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20055

Actions (login required)

View Item View Item