KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS XI SMA N 9 YOGYAKARTA

Sari, Kartika Permata (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS XI SMA N 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Kartika Permata Sari 09204241001.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui 1) perbedaan hasil pembelajaran keterampilan membaca antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan yang diajar tanpa menggunakan metode CIRC. 2) keefektifan penggunaan metode CIRC dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian quasi eksperimen dengan cara pretest-posstest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 9 Yogyakarta. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, yang diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan konstruk dalam menguji validitas instumen penelitian. Kemudian untuk menguji reliabitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2,232 lebih besar dari t-tabel dengan db 56 dan taraf signifikan sebesar 0,024. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan metode CIRC dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Rata-rata nilai gain score kelas eksperimen adalah 0,52, sedangkan kelas control adalah 0,2. Hasil tersebut menunjukkan nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas control. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode CIRC lebih efektif daripada metode konvensional dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, cooperative integrated reading and composition, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 06:19
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20054

Actions (login required)

View Item View Item