Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Model Pembelajaran Di Kecamatan Banjarsari Surakarta

Amin, Alimah (2015) Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Model Pembelajaran Di Kecamatan Banjarsari Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alimah-amin-11712251035.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara siswa dengan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik, dan siswa yang memperoleh pembelajaran TGT dan NHT, (2) Mengetahui mana yang lebih baik prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan TGT atau NHT. Jenis penelitian ini adalah komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Banjarsari yang berjumlah 84 SD. Sampel dari enam SD yang terdiri dari kelas IV sebanyak 92 siswa ditentukan dengan cluster random sampling. Pengumpulan dara dilakukan dengan menggunakan angket gaya belajar dan tes prestasi belajar. Teknik analisis Data yang digunakan adalah statistik deskriptif, one way anova, uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa dengan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik pada pembelajaran TGT dan NHT, serta ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran TGT dan siswa yang memperoleh pembelajaran NHT, (2) Prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran TGT lebih baik dari pada model pembelajaran NHT. Siswa Sekolah Dasar masih senang bermain, sehingga tidak dominan dengan satu gaya belajar. Pembelajaran TGT bisa meningkatkan prestasi belajar matematika siswa karena siswa dituntut lebih aktif mulai dari diskusi sampai turnamen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Gaya Belajar, TGT, NHT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 09 May 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20038

Actions (login required)

View Item View Item