ANALISIS STRUKTURAL-SEMIOTIK ROMAN CES ENFANTS DE MA VIE KARYA GABRIELLE ROY

Mustofa, Andi (2014) ANALISIS STRUKTURAL-SEMIOTIK ROMAN CES ENFANTS DE MA VIE KARYA GABRIELLE ROY. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Andi Mustofa 10204241026.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud unsur-unsur intrinsik yang berupa alur, penokohan, latar, dan tema (2) mendeskripsikan keterkaitan antarunsur intrinsik, dan (3) mendeskripsikan wujud hubungan antara tanda dan acuannya berupa ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam roman Ces enfants de ma vie. Subjek penelitian ini adalah roman Ces enfants de ma vie karya Gabrielle Roy yang diterbitkan oleh Boréal Compact pada tahun 1997. Objek penelitian yang dikaji adalah (1) wujud unsur-unsur intrinsik roman, (2) wujud keterkaitan antarunsur intrinsik, dan (3) wujud hubungan antara tanda dan acuannya yang berupa ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam roman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan teknik analisis konten. Validitas data diperoleh dan diuji dengan validitas semantik. Reliabilitas data diperoleh dengan teknik pembacaan dan penafsiran teks roman Ces enfants de ma vie dan didukung dengan teknik expert judgement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) roman Ces enfants de ma vie karya Gabrielle Roy terbagi atas enam cerita yang memiliki alur progresif. Cerita berakhir dengan bahagia. Tokoh utama dalam roman adalah Je. Setiap cerita dalam roman Ces enfants de ma vie memiliki satu tokoh tambahan sehingga ditemukan enam tokoh tambahan yaitu Vincento, Clair, Nil, Demetrioff kecil, André, dan Médéric. Latar tempat dominan berada di desa imigran Saint-Boniface, Kanada. Latar waktu terjadi selama tokoh Je menjadi guru di sebuah sekolah untuk anak laki-laki dan berakhir hingga kepindahannya untuk mengajar di sekolah lain. Latar sosial dalam roman ini adalah kelas pekerja atau buruh di desa imigran Saint-Boniface yang memiliki tingkat kesejahteraan hidup rendah. (2) Unsur-unsur intrinsik dalam roman saling terkait dan membangun keutuhan cerita yang diikat oleh tema. Tema utama yang mendasari roman Ces enfants de ma vie adalah kegigihan dan perjuangan untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Tema minor yang terdapat dalam roman ini yaitu kesabaran, cinta, kasih sayang, dan rendahnya kesadaran tentang pentingnya pendidikan. (3) Berdasarkan analisis semiotik ditemukan kebiasaan dan karakter masyarakat desa imigran Saint-Boniface yaitu budaya saling menghormati berupa penggunaan se vouvoyer, kebiasaan murid mengucapkan salam ketika berada di dalam kelas, dan kegigihan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: struktural-semiotik, roman, ces enfants de ma vie
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 01:42
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20017

Actions (login required)

View Item View Item