Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Jarakan Sewon, Bantul

Purwaaktari, Eni (2015) Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Jarakan Sewon, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eni-purwaaktari-13712251076.swf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD Jarakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain randomized pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Jarakan Sewon Bantul pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas 5a, 5b, 5c, dan 5d. Sampel sejumlah tiga kelas (dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol) ditentukan dengan cara pengundian. Kelompok eksperimen melakukan pembelajaran dengan model collaborative learning, sedangkan kelompok kontrol melakukan pembelajaran dengan model ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika, sedangkan angket digunakan untuk mengukur sikap sosial siswa. Tes dan angket diberikan kepada siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran. Bukti validitas instrumen tes dan angket diperoleh dari expert judgement sedangkan estimasi reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji t dan uji T^2 Hotelling’s dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap sikap sosial siswa, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa yang diteliti. Untuk itu, guru yang ingin meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa disarankan untuk memilih model collaborative learning dan menerapkannya dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: collaborative learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, sikap sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 May 2015 00:15
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19321

Actions (login required)

View Item View Item