Pengembangan RPP Tematik-Integratif dengan Karakter Tanggung Jawab Menggunakan Model Inquiry Di Kelas IV SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah

Wulandari, Isnaini (2015) Pengembangan RPP Tematik-Integratif dengan Karakter Tanggung Jawab Menggunakan Model Inquiry Di Kelas IV SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isnaini-wulandari-12712251020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan RPP tematik-integratif dengan karakter tanggung jawab menggunakan model inquiry yang layak di kelas IV SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, dan 2) mengetahui efektivitas RPP tematik-integratif dengan karakter tanggung jawab menggunakan model inquiry di kelas IV SD Negeri 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D ). Tahap penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan, dan 3) pengujian dan implementasi. Subjek uji pendahuluan adalah dua orang validator ahli. Subjek uji utama adalah peserta didik kelas IV A SDN 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah yang berjumlah 25 peserta didik serta guru kelas IV SDN 03 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah yang berjumlah 2 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik, angket penilaian perangkat pembelajaran oleh validator ahli media dan ahli materi, pre-test, dan tes hasil belajar peserta didik serta angket respon guru terhadap produk. Teknik analisis data hasil penilaian validator pada uji terbatas menggunakan statistik Aiken’s V. Teknik analisis data pre-test dan tes hasil belajar pada uji utama menggunakan Paired T-Test atau uji T Berpasangan. Hasil penelitian ini adalah 1) RPP tematik-integratif dengan karakter tanggung jawab menggunakan model inquiry menurut validator ahli media dan validator ahli materi adalah layak untuk digunakan dibuktikan dengan rerata skor Aiken’s V adalah 0,791 serta untuk masing-masing komponen RPP mendapatkan skor mendekati 1 dengan kata lain memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dan layak untuk digunakan 2) Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen ¬before-after dengan data hasil pre-test dan tes hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan. Signifikansi yang dihasilkan dari perhitungan SPSS menunjukkan angka 0,0001 ≤ 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik baik dari aspek pengetahuan, sikap tanggung jawab, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: RPP, tematik-integratif, tanggung jawab, inquiry
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 May 2015 00:15
Last Modified: 09 May 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19317

Actions (login required)

View Item View Item