Putra, Arwindira Wandanu (2014) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SLIDESHOW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SEMESTER II SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1KALASAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Halaman Depan 10406241024.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 10406241024.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 10406241024 .pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 10406241024.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3 10406241024.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4 10406241024.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5 10406241024.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 10406241024.pdf Download (587kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan media pembelajaran video slideshow untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 semester II SMA N 1 Kalasan tahun 2013/2014. (2) Kelebihan dan kendala penerapan media pembelajaran video slideshow untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 semester II SMA N 1 Kalasan tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kalasan yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah obeservasi dan tes pembelajaran.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata prestasi belajar siswa mencapai nilai di atas ketuntasan minimal yaitu sebesar 74. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Media pembelajaran video slideshow dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 semester II SMA N 1 Kalasan 2013/2014. Pembelajaran dilaksanakan pada dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Pengajar menjelaskan ulang materi dan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya pada saat video pause, dan dilanjutkan video play jika sudah tidak ada siswa yang bertanya. Hal tersebut dilakukan berulang-ulang hingga materi pembelajaran tersampaikan sesuai RPP; Prestasi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kalasan tuntas indikator berdasarkan hasil tes pada siklus I sebesar 80,258. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat 11,465% dari siklus I yaitu sebesar 89,49 dan dinyatakan tuntas indikator. (2) Kelebihan media pembelajaran video slideshow dalam pembelajaran sejarah adalah, (a) memudahkan pengajar untuk menyampaikan materi. (b) memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran. (c) lebih mudah digunakan saat pembelajaran. (d) mampu menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran. Kendala penggunaan media video slideshow dalam pembelajaran sejarah adalah, (a) Alat bantu berupa kabel projector yang kurang baik sehingga pencitraan video pada screen tidak optimal. (b) Tidak bersifat fleksibel karena membutuhkan energi listrik apabila listrik padam maka media tidak dapat digunakan. (c) Pengajar terlalu cepat dalam menyampaikan materi sehingga dikhawatirkan siswa sulit memahami materi yang diajarkan. (d) Siswa laki-laki pasif pada saat evaluasi. Kata Kunci: Video Slideshow, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 20 May 2015 03:50 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18996 |
Actions (login required)
View Item |