PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 SRANDAKAN

Riko, Septiantoko (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 SRANDAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A HALAMAN DEPAN.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C BAB II.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E BAB IV.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya faktor dari dalam siswa dan dari luar siswa. Faktor dari dalam siswa yaitu motivasi siswa sedangkan dari luar salah satunya faktor lingkungan keluarga. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Srandakan dengan populasi sejumlah 452 siswa dan diambil sampel sejumlah 199 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba angket diujicobakan di SMP 2 Kretek dan uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,440 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (r) bernilai positif sebesar 0,440 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 2 Srandakan tahun ajaran 2012/2013 dengan nilai koefisien korelasi (Ry ) sebesar 0,528, nilai koefisien korelasi (Ry (1,2) (1,2) ) bernilai positif dan hasil uji F diperoleh sebesar 37,973. Kata kunci : motivasi belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 22:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18572

Actions (login required)

View Item View Item