PENGEMBANGAN MEDIA BLOG SEJARAH UNTUK PEMBELAJARAN SISWA TEMA MASUKNYA HINDU BUDDHA DI INDONESIA

Pramandanu, Rendra (2014) PENGEMBANGAN MEDIA BLOG SEJARAH UNTUK PEMBELAJARAN SISWA TEMA MASUKNYA HINDU BUDDHA DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sej 08406244025.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Media dan bahan ajar memegang peran penting dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Media dan Bahan ajar Blog Sejarah pada materi masuknya Hindu Buddha di Indonesia untuk pembelajaran SMA N 2 Ngalik dan mengetahui kelayakan Blog sejarah tersebut berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan (Research and Development (R&D)) melalui 10 langkah pengembangan, yaitu 1) potensi masalah, 2) mengumpulkan informasi/ data 3) design produk 4) validasi design 5) perbaikan design 6) ujicoba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) pembuatan produk. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Analisi data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Blog sejarah materi hindu buddha untuk peserta didik SMA/MA kelas XI semester I SMA N 2 Ngaglik. Berdasarkan penilaian ahli materi produk ahir Blog sejarah ini memperoleh skor rerata 81,2%, penilaian dari ahli media produk ahir Blog sejarah memperoleh skor rerata 80,8% kemudian produk tahap ahir dari guru memperoleh 84,4% dan dari siswa 82,9%. Keseluruan rata rata adalah 82,2% dengan kategori sangat baik. Kata kunci : Media Blog, Blog sejarah, Hindu buddha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 04 May 2015 03:45
Last Modified: 29 Jan 2019 21:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item