PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014 / 2015

Dhewantoro, Happri Novriza Setya (2015) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014 / 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416244001 11416244001.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Question Student Have dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Problem Based Learning di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas VIII yaitu kelas VIII B dan kelas VIII H diambil dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas). Pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Question Student Have dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Problem Based Learning. Hal tersebut dapat terlihat pada tes yang telah dilakukan didapatkan rata-rata (pretest) siswa kelas eksperimen 1 sebesar 71,59 dan kelas eksperimen 2 sebesar 69,89, sedangkan hasil pengolahan data akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata dari kelompok eksperimen 1 sebesar 78,75 dan kelompok eksperimen 1 sebesar 74,85. Hasil uji hipotesis uji-t menunjukan bahwa dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,99 maka diperoleh thitung > ttabel (2,93 > 1,99) dan karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kelas yang menerapkan pembelajaran dengan metode Question Student Have hasilnya lebih tinggi daripada kelas yang menerapkan pembelajaran dengan metode Problem Based Learning. Kata Kunci: Metode Question Student Have, Metode Problem Based Learning, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Apr 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 21:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17572

Actions (login required)

View Item View Item