Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif pada Tema Peristiwa Alam dalam Peningkatan Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri 1 Kutoarjo, Purworejo

Estuwardani, Norayeni Arista (2015) Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif pada Tema Peristiwa Alam dalam Peningkatan Karakter Tanggung Jawab dan Disiplin Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri 1 Kutoarjo, Purworejo. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-norayeni-arista-estuwardani.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar tematik-integratif pada tema peristiwa alam dalam peningkatan karakter tanggung jawab dan disiplin yang layak bagi peserta didik kelas I di SD N 1 Kutoarjo, Purworejo, dan (2) mengetahui keefektifan bahan ajar tematik-integratif pada tema peristiwa alam dalam peningkatan karakter tanggung jawab dan disiplin peserta didik kelas I SD N 1 Kutoarjo, Purworejo. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) eksplorasi, (b) pengembangan draft/prototype, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) validasi akhir. Subjek uji coba terbatas adalah delapan peserta didik kelas I SD N 1 Kutoarjo, Purworejo. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 28 peserta didik kelas I SD N 1 Kutoarjo Purworejo. Subjek uji coba produk operasional pada kelas eksperimen sebanyak 28 peserta didik kelas I A SD N 1 Kutoarjo, Purworejo dan pada kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik kelas I B SD N 1 Kutoarjo, Purworejo. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk bahan ajar, lembar observasi check list guru, lembar observasi check list peserta didik, angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli media berkategori “sangat baik” dengan Penerapan bahan ajar secara umum dapat terlaksana dengan kategori “baik”. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan bahan ajar tematik-integratif dalam peningkatan karakter tanggung jawab dan disiplin dengan p < 0,05 kemudian terjadi pula peningkatan yang signifikan dengan p = 0,0001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar modul, tematik-integratif, karakter tanggung jawab dan disiplin
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2015 02:31
Last Modified: 09 May 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17547

Actions (login required)

View Item View Item