Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku untuk Penyempurnaan Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 Pada Kurikulum 2013

Purnomo, Heru (2015) Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku untuk Penyempurnaan Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 4 Pada Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heru-purnomo-13712251032.swf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dan instrumen penilaian IPA tema “Indahnya Negeriku” buku guru dan buku siswa kelas 4 Kurikulum 2013 yang layak dan efektif di SD N Ungaran 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang terdiri atas sembilan tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan ,(2) perencanaan,(3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi untuk menyusun produk utama, (6) uji coba lapangan,(7) revisi untuk menyempurnakan produk hasil uji coba lapangan,(8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) revisi produk final. Subjek uji coba adalah siswa kelas IV SD N Ungaran 1 Yogyakarta. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 15 peserta didik. Subjek uji coba pelaksanaan lapangan terdiri atas 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar angket ahli materi dan Instrumen Penilaian IPA, lembar validasi guru selama uji coba lapangan serta lembar respon peserta didik, untuk mengetahui efektifitas produk pengembangan mengunakan soal pretes dan postes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar dan Instrumen Penilaian IPA tema “Indahnya Negeriku” buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013 di SD N Ungaran 1 Yogyakarta terbukti layak dan efektif. (1) Kelayakan ditunjukan pada penilaian ahli materi belajar IPA diperoleh nilai rata-rata 4,44 dengan kreteria Sangat Baik, uji coba terbatas diperoleh rata-rata nilai 4,53 dengan kreteria Sangat Baik dan uji coba pelaksanaan lapangan diperoleh nilai rata-rata 4,80 dengan kreteria Sangat Baik, sedangkan hasil penilaian ahli Instrumen Penilaian IPA diperoleh nilai rata-rata 3,92 dengan kreteria Baik, uji coba terbatas diperoleh rata-rata nilai 4,33 dengan kreteria Sangat Baik dan uji coba pelaksanaan lapangan dengan rata-rata nilai 5 dengan kreteria Sangat Baik. (2) Efektifitas produk pengembangan ditunjukan pada perhitungan gain score untuk mengetahui aspek pengetahuan (knowledge) diperoleh indeks gain sebesar 0,80 dengan kategori Tinggi, sedangkan aspek sikap (atittude) dan keterampilan (skill) dengan observasi menunjukan hasil yang positif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, Instrumen Penilaian IPA, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2015 02:31
Last Modified: 09 May 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17541

Actions (login required)

View Item View Item