Issaura, Antonia Ria (2011) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN FISIK TEMPAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 MINGGIR KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
Skripsi Full 07405249001.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar Geografi siswa, (2) hubungan antara lingkungan fisik tempat belajar dengan prestasi belajar Geografi, dan (3) hubungan antara perhatian orang tua dan lingkungan fisik tempat belajar dengan prestasi belajar Geografi siswa SMA Negeri 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 1 Minggir sebanyak 141 orang siswa, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling, sebanyak 105 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan mencermati dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dilanjutkan: tabulasi silang, korelasi dan regresi. Hasil penelitian pada siswa SMA Negeri 1 Minggir menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar Geografi, ditunjukkan rX1Y (0.425) dan P-value (0.000 < 0.05), artinya untuk meningkatkan prestasi belajar Geografi perlu meningkatkan perhatian orang tua siswa. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan fisik tempat belajar siswa dengan prestasi belajar Geografi, ditunjukkan rX2Y (0.466) dan P-value (0.000 < 0.05), artinya semakin baik lingkungan fisik tempat belajar maka semakin tinggi prestasi belajar Geografi. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan lingkungan fisik tempat belajar siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar Geografi siswa SMA Negeri 1 Minggir, ditunjukkan RY12 (0.574) dan P-value (0.000 < 0.05), artinya semakin tinggi perhatian orang tua dan disertai lingkungan fisik tempat belajar yang baik akan meningkatkan prestasi belajar Geografi. Sumbangan efektif variabel perhatian orang tua (18.42%) dan variabel lingkungan fisik tempat belajar (14.58%) terhadap prestasi belajar Geografi siswa SMA Negeri 1 Minggir, artinya dari kedua variabel bebas diatas perhatian orang tua memiliki sumbangan terbanyak pengaruhnya terhadap prestasi belajat Geografi. Kata kunci: Perhatian orang tua, lingkungan fisik belajar siswa, dan prestasi belajar Geografi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Geografi Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Other |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 00:48 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16661 |
Actions (login required)
View Item |