PENERAPAN PERMAINAN DART UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA AL FALAAH LEKISREJO OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Harmanto, . (2012) PENERAPAN PERMAINAN DART UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA AL FALAAH LEKISREJO OGAN KOMERING ULU SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sej 08406244027.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran sejarah di MA Al Falaah Lekisrejo didominasi dengan model belajar ceramah, dan kurang menerapkan model pembelajaran. Hal ini sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru harus mulai menggunakan model-model pembelajaran yang merangsang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi siswa dengan penerapan permainan Dart, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada penerapan permainan Dart, (3) untuk mengetahui kelebihan yang dihadapi pada penerapan permainan Dart. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan Dart yaitu kegiatan pembelajaran bertukar informasi dengan cara diskusi kelompok dimana masingmasing kelompok mendapatkan materi yang dibahas dari melempar anak Dart kemudian mempersentasikan didepan kelas. Penggunaan pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, prestasi belajar siswa meningkat sebesar 1.17 poin atau 11.7%. Pada siklus II meningkat sebesar 1.41 atau 11.41 poin. Pada siklus III meningkat sebesar 2.07 poin atau 20.7%. Kendala yang dihadapi selama penelitian ini adalah masih ada siswa yang ramai dengan pelaksanaan permainan Dart. kekurangan waktu pada proses pembelajaran siklus II dan III dilaksanakan, dengan penambahan Tanya jawab yang dilakukan guru kepada siswa maupun siswa kepada siswa yang lainnya. Hal ini terjadi karena dalam pemberian Tanya jawab ada perdebatan jawaban pendapat dari pemberi dan penererima pertanyaan. Siswa kelas XI IPS MA Al Falaah Lekisrejo jarang melakukan persentasi jadi pada awal penelitian yaitu pada siklus I diskusi dan persentasi masih kurang kondusif,. Kelebihannya adalah teknik pembelajaran menjadi menyenangkan, siswa semangat, prestasi belajar meningkat. Kata kunci: Penerapan permainan Dart, prestasi belajar, MA Al Falaah Lekisrejo, Ogan Komering Ulu Sumatra Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 14 Apr 2015 01:00
Last Modified: 29 Jan 2019 20:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16245

Actions (login required)

View Item View Item