Atmoko, Arif Dwi (2014) Efektivitas cooperative learning teknik kancing gemerincing terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri se Kecamatan Buayan, Kebumen. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Skripsi Full PKnH 09401244008.swf - Published Version Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas pembelajaran PKn dengan menerapkan Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing dalam meningkatkan kerjasama siswa di SMP Negeri di Buayan, 2) efektivitas pembelajaran PKn dengan menerapkan Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri di Buayan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Buayan dengan jumlah 366 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yakni empat kelas yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen (61 siswa) dan dua kelompok kontrol (62 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest, posttest, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran PKn dengan menerapkan Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing efektif untuk meningkatkan kerjasama siswa SMP Negeri Buayan. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada kerjasama siswa sebesar 26,826 dan ttabel pada df 121 sebesar 1,980 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan Menengah Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 07:09 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16170 |
Actions (login required)
View Item |