PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN SYNDICATE GROUP TERHADAP MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CILACAP TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Nindyaningrum, Maritya Dyah (2011) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN SYNDICATE GROUP TERHADAP MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CILACAP TAHUN AJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN SYNDICATE GROUP TERHADAP MOTIVASI.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara : (1) prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, (2) motivasi belajar kimia siswa sesudah mengikuti pembelajaran kimia dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dan Syndicate Group, (3) motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dan Syndicate Group, (4) aktivitas belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 2 Cilacap tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 273 siswa dan terbagi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian sebanyak 79 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas Jigsaw (A1) dan kelas Syndicate Group (A2). Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia siswa , data prestasi belajar kimia siswa , data motivasi belajar kimia siswa , dan data aktivitas belajar kimia siswa . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Jigsaw dengan prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Syndicate Group, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik dengan harga p = 0,009 (p<0,050), (2) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia antara siswa kelas Jigsaw dengan siswa kelas Syndicate Group dengan p = 0,930 (p>0,050), (3) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia sebelum dan sesudah pembelajaran kimia baik dengan metode Jigsaw dengan harga p = 0,939 (p>0,050) maupun Syndicate Group dengan p = 0,961 (p>0,050), (4) ada perbedaan aktivitas belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 03:54
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item