EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA ASPEK KIMIA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIII SMPN 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2009/2010

Rahayu, Sri (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA ASPEK KIMIA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIII SMPN 3 SENTOLO TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA ASPEK KIMIA MATERI POKOK ZAT ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA KELAS VIII SMPN 3 SENTOLO.docx

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA aspek kimia antara peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, jika pengetahuan awal IPA aspek kimia dikendalikan secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester I SMP N 3 Sentolo Kulon Progo sebanyak 180 peserta didik yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 58 peserta didik diambil secara purposive cluster sampling yang dibagi menjadi dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII A dan satu kelas kontrol adalah kelas VIII B. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal IPA aspek kimia peserta didik, data prestasi belajar IPA aspek kimia peserta didik yang dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) dan data motivasi belajar IPA aspek kimia peserta didik yang dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa = 1,287 dan p =0,261, hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar IPA aspek kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga Fo= 11,704 dan p= 0,00000. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan peserta didki yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, jika pengetahuan awal IPA aspek kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA aspek kimia dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif karena dapat meningkatkan motivasi belajar ipa aspek kimia peserta didik dan meningkatkan prestasi belajar ipa aspek kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 03:39
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item