FAHRUDIN, MUKHAMAD (2014) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
Skripsi Full.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014, (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014, (3) Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 128 siswa yang kemudian diambil 97 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rxy sebasar 0,544 dan nilai thitung sebesar 6,324 lebih besar dari ttabel 1,66 (6,324>1,66). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rxy sebesar 0,359 dan nilai thitung sebesar 3,749 lebih besar dari ttabel 1,66 (3,749>1,66). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,557 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,310. Ini berarti 31% Prestasi Belajar Akuntansi dijelaskan oleh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar. Sedangkan 69% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Ekstrakurikuler, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 10 Apr 2015 06:19 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15913 |
Actions (login required)
View Item |