IMPLEMENTASI TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY (ChCI) BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA/MA DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 PADA MATERI TERMOKIMIA DAN ELEKTROKIMIA

Astuti, Fifit (2010) IMPLEMENTASI TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY (ChCI) BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMA/MA DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 PADA MATERI TERMOKIMIA DAN ELEKTROKIMIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
IMPLEMENTASI TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep, jenis-jenis miskonsepsi, serta kesesuaian tes Chemistry Concept Inventory berbasis multimedia dalam mengidentifikasi dan meremediasi miskonsepsi peserta didik pada Materi Termokimia dan Elektrokimia yang diungkap dengan menggunakan tes Chemistry Concept Inventory berbasis multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey yang diterapkan pada 92 peserta didik di DIY. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengungkap pemahaman konsep Termokimia dan Elektrokimia pada peserta didik dengan menggunakan tes Chemistry Concept Inventory berbasis multimedia. Terdapat 5 demonstrasi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu “Kentang Listrik”, “Elektrolisis”, “Lakmus Beraksi”, “Papan Magic”, dan “Bom Belerang”. Hasil tes Chemistry Concept Inventory berbasis multimedia mengungkap bahwa peserta didik belum sampai pada tingkat paham konsep. Persentase rata-rata menunjukkan bahwa peserta didik yang tidak merespon sebesar 0%, tidak paham konsep sebesar 44,45%, miskonsepsi sebesar 51,64%, paham sebagian dengan miskonsepsi sebesar 3,67%, paham sebagian konsep sebesar 0,22%, dan sebesar 0% mengalami paham konsep. Jenis miskonsepsi yang dapat terungkap dengan menggunakan tes Chemistry Concept Inventory berbasis multimedia antara lain : kepercayaan beku, kepercayaan non ilmiah, salah paham konseptual, dan kesalahpahaman vernacular (dialek). Persentase kesesuaian CD dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik berturut-turut dari demonstrasi 1 sampai 5 adalah 60,00%; 72,00%; 73,33%; 41,33%, dan 46,67%. Adapun persentase kesesuaian CD dalam meremediasi miskonsepsi peserta didik berturut-turut dari demonstrasi 1 sampai 5 adalah 94,32%; 92,96%; 100,00%; 100,00% dan 100,00%. Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan bahwa Tes Chemistry Concept Inventory dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengidentifikasi dan meremediasi miskonsepsi peserta didik. Kata kunci : Miskonsepsi, tes Chemistry Concept Inventory, Termokimia, Elektrokimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 01 Apr 2015 05:13
Last Modified: 29 Jan 2019 20:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item