IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN

Nina, Rahayu (2014) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH CONDONG CATUR SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Full Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses penting dalam suatu pembelajaran karena memberikan kesempatan siswa dalam proses penemuan suatu konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan proses pada pembelajaran IPA di kelas IVC SD Muhammadiyah Condongcatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan siswa dalam pembelajaran IPA. Data perencanaan implementasi keterampilan proses dikumpulkan melalui dokumentasi berupa RPP, data pelaksanaan implementasi keterampilan proses dikumpulkan melalui observasi dan wawancara guru serta siswa, data kemampuan keterampilan proses siswa dikumpulkan melalui observasi siswa, serta data faktor-faktor mempengaruhi dikumpulkan melalui hasil wawancara dan observasi guru serta siswa. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan perencanaan dalam melatihkan keterampilan proses melalui: memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan keterampilan proses berupa mengamati, mengkomunikasikan dan menyimpulkan, menyiapkan teknik yang luwes dalam proses pembelajaran, memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi, dan mengadakan review bersama siswa dari kegiatan yang dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran dalam melatihkan keterampilan proses kepada siswa oleh guru yaitu : 1) memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan keterampilan proses berupa mengamati, mengkomunikasikan, menyimpulkan, mengklasifikasi dan memprediksi 2) menggunakan teknik yang luwes dalam proses pembelajaran, dan 3) memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi. Keterampilan proses yang ditunjukan siswa berupa mengamati, mengkomunikasikan, menyimpulkan, mengklasifikasi dan memprediksi. Faktor pendukung pembelajaran dalam implementasi keterampilan proses yaitu: (a) guru mempunyai pemahaman yang baik tentang keterampilan proses, (b) siswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan (c) kurikulum yang mengacu pada pengembangan keterampilan proses. Untuk faktor penghambat yaitu: (a) kurangnya kemampuan guru dalam mengorganisir kegiatan terutama kegiatan percobaan, (b) sifat siswa yang berbeda-beda seperti siswa yang kurang aktif atau terlalu aktif, dan (c) ketersediaan sarana dan prasarana untuk praktek yang belum mencukupi. Kata kunci: keterampilan proses IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:47
Last Modified: 29 Jan 2019 19:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item