HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN KLATEN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Paramita, Dewi (2014) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN KLATEN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi yang dilatarbelakangi pentingnya kecerdasan emosi, motivasi belajar dan kemandirian belajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengkaji hubungan kecerdasan emosi dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD se-Kecamatan Klaten Tengah yang telah diambil secara random sampling dengan jumlah siswa 233 orang. Instrumen yang digunakan berupa skala. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien alpha cronbach. Adapun analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar dengan nilai F hitung sebesar 394,407 (p=0,000). Dari hasil penelitian diketahui pula dalam variabel kecerdasan emosi, aspek mengelola emosi memiliki nilai prediksi paling besar terhadap kemandirian belajar (Beta=0,428, p=0,000), sedangkan dalam variabel motivasi belajar aspek tekun dalam belajar memiliki prediksi paling besar terhadap kemandirian belajar (Beta=0,330, p=0,000). Kata kunci: kecerdasan emosi, motivasi belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:10
Last Modified: 29 Jan 2019 19:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item