Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning dan Project-Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran dan Sikap Siswa pada Matematika di Kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1 Yogyakarta dalam Implementasi Kurikulum 2013

Satrianawati, Satrianawati (2015) Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning dan Project-Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran dan Sikap Siswa pada Matematika di Kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1 Yogyakarta dalam Implementasi Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-satrianawati-13712251017.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem-based learning dan project-based learning terhadap kemampuan penalaran dan sikap siswa pada matematika di kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Kanisius Demangan Baru 1 Yogyakarta. Tiga kelas ditentukan secara acak untuk dijadikan sampel dalam menerapkan model problem-based learning dan project-based learning. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas IV B, yang menerapkan model problem-based learning, kelas IV A yang menerapkan model project-based learning. Kedua kelas ini masing-masing mempunyai siswa sebanyak 29 siswa (n1 = n2 = 29) dan kelas IV C sebagai kelompok kontrol menerapkan pendekatan matematika realistik berjumlah 27 siswa (n3= 27). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan penalaran matematika adalah dengan tes dan data sikap siswa pada matematika digunakan angket. Data insrumen kemampuan penalaran dan sikap siswa pada matematika dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem-based learning dan project-based learning lebih berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan penalaran dan sikap siswa pada matematika daripada pendekatan matematika realistik. Perbedaan pengaruh kemampuan penalaran antara kelas eksperimen model problem-based learning dan pendekatan matematika realistik mempunyai nilai signifikansi 0,02. Adapun nilai signifikansi untuk model project-based learning dan pendekatan matematika realistik yaitu 0,00 sedangkan untuk nilai signifikansi antara problem-based learning dan project-based learning adalah 0,00. Hasil posttest untuk variabel sikap siswa terhadap matematika siswa juga menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel sikap antara kelompok model problem-based learning dan pendekatan matematika realistik menunjukkan nilai signifikansi 0,00 sedangkan kelompok model project-based learning dan pendekatan matematika realistik menunjukkan nilai signifikansi 0,00. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh antara model problem-based learning dan project-based learning dengan nilai signifikansi adalah 0,97.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, project-based learning, kemampuan penalaran, dan sikap siswa pada matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:47
Last Modified: 09 May 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item