PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI IKATAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1 SMA N 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Amelia, Rizki Nor (2014) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI IKATAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 1 SMA N 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
[10303241026]Rizki Nor Amelia.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di SMA dilihat dari aspek : (1) motivasi belajar kimia; (2) prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD (A1) dibandingkan TGT (A2) jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian dua faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasinya adalah seluruh peserta didik (226 orang) kelas X SMAN 4 Yogyakarta, sedangkan sampelnya sebanyak 64 peserta didik, terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen A1 dan A2 yang diambil secara cluster random sampling. Data yang diperoleh yaitu data pengetahuan awal, prestasi belajar, dan motivasi belajar kimia. Data dianalisis dengan uji-t dan anakova 1-jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara numerik baik motivasi maupun prestasi belajar kedua kelas eksperimen sama-sama meningkat sehingga dikatakan tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik. Hal tersebut mengindikasikan bahwa baik STAD maupun TGT sama-sama efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik Kelas X SMA N 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Mar 2015 05:54
Last Modified: 29 Jan 2019 19:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item