Pratama, Dody Putra (2015) Hubungan Antara Pemanfaatn Sumber Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10416244035 Dody Putra Pratama.swf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPS, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS, dan (3) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori ex post facto.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sleman tahun ajaran 2013-2014yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 130 orang.Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi.Kuesioner pada penelitian ini telah diuji validitas dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda dengan bantuan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sleman yang ditunjukkan dengan nilai r hitunglebih besar dari r tabel (0,519>0,159) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,0000,159) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,0000,159) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Other |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 24 Mar 2015 04:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13864 |
Actions (login required)
View Item |