Pengembangan Media Pembelajaran IPS Film Animasi 2D Materi Aktivitas Penduduk Indonesia untuk SIswa Kelas VII SMP

HARYATI, SRI (2014) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Film Animasi 2D Materi Aktivitas Penduduk Indonesia untuk SIswa Kelas VII SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI FULL 10416241035 SRI HARYATI.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat media pembelajaran IPS film animasi 2D pada materi aktivitas penduduk Indonesia untuk siswa kelas VII SMP; 2) mengetahui kualitas media pembelajaran IPS film animasi 2D dari aspek materi dan aspek media; dan 3) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPS film animasi 2D menurut siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahap pengembangan diawali dengan tahap produksi yang menghasilkan produk awal, kemudian dilakukan validasi ahli materi dan ahli media. Setelah direvisi, produk diujicobakan kepada siswa kelas VII SMP melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji coba terdiri dari 5 siswa untuk uji coba perorangan, 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 32 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan adalah data hasil validasi ahli materi dan ahli media serta data hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi dan ahli media serta lembar angket/kuesioner untuk subjek uji coba perorangan, kelompok kecil dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembuatan media pembelajaran IPS film animasi 2D melalui tahap persiapan, produksi, uji coba dan revisi, sehingga dihasilkan media pembelajaran IPS film animasi 2D pada materi aktivitas penduduk Indonesia untuk siswa kelas VII SMP; 2) kualitas media dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi yaitu 3,95 dengan kategori baik, hasil validasi ahli media yaitu 4,10 dengan kategori baik; dan 3) rata-rata skor kelayakan media pembelajaran IPS film animasi 2D menurut siswa pada uji coba perorangan sebesar 3,95 dengan kategori layak, pada uji coba kelompok kecil sebesar 4,73 dengan kategori sangat layak, dan pada uji coba lapangan sebesar 4,86 dengan kategori sangat layak. Kata Kunci: Media pembelajaran, IPS, Film animasi 2D, Aktivitas penduduk Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 19:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

View Item View Item