Yanna, Faslikhah (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII F SMP N 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Persetujuan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS melalui penerapan metode pembelajaran Course Review Horay di kelas VIII F SMP Negeri 1 Pengasih Kulon Progo karena motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Pengasih dengan jumlah 32 orang. Penelitian dilakukan secara kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teori. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini dikatakan berhasil jika persentase motivasi belajar mencapai 75%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VIII F SMP Negeri 1 Pengasih. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan persentase hasil observasi motivasi belajar pada setiap siklus. Persentase hasil observasi motivasi belajar siklus I yaitu 37,50%. Siklus II mengalami peningkatan 25,00% menjadi 62,50%. Siklus III mengalami peningkatan 25,00% menjadi 87,50%. Peningkatan motivasi belajar juga dibuktikan dengan peningkatan persentase rata-rata angket motivasi belajar pada setiap siklus. Persentase rata-rata angket motivasi belajar siklus I yaitu 68,78%. Siklus II mengalami peningkatan 5,62% menjadi 74,40%. Siklus III mengalami peningkatan 9,43% menjadi 83,83%. Kata Kunci: Course Review Horay, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Other |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 24 Mar 2015 00:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13601 |
Actions (login required)
View Item |