Janattaka, Nugrananda (2013) Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Jimbung Klaten. S2 thesis, UNY.
|
Text
abstrak-nugranda-janattaka.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan metode Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi . Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar obsrvasi siswa,dan dokumentasi, . Data hasil observasi guru dan siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu ketuntasan belajar siswa dalam keterampilan berbicara mencapai 75%. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 4 SD Negeri 1 Jimbung Klaten. Dari aktivitas pra tindakan sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan pada pra-tindakan, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 22 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 68% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 29 siswa dengan persentase 90.62%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Mar 2015 16:12 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13542 |
Actions (login required)
View Item |