Pengembangan Modul Interaktif Berbasis CAI (Computer Assisted-Instruction) Sebagai Sumber Belajar IPS SMP/MTs Kelas VII Tema Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

Eki Wulandari, ew and Supardi, sp (2015) Pengembangan Modul Interaktif Berbasis CAI (Computer Assisted-Instruction) Sebagai Sumber Belajar IPS SMP/MTs Kelas VII Tema Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (SWF)
Skripsi Full 10416241010.swf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul interaktif IPS berbasis CAI sebagai sumber belajar IPS SMP dengan tema keadaan alam dan aktivitas penduduk Indonesia. Penelitian ini juga bertujuan untuk 1) mengetahui cara mengembangkan modul interaktif IPS berbasis CAI 2) mengetahui kelayakan modul interaktif berbasis CAI sebagai sumber belajar IPS berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media, 3) mengetahui tanggapan guru IPS terhadap modul interaktif berbasis CAI sebagai sumber belajar IPS dan 4) mengetahui tanggapan siswa terhadap modul interaktif berbasis CAI sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan beberapa tahap meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya terbatas sampai tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data dengan angket diperoleh hasil validasi materi oleh satu orang ahli materi, hasil validasi media oleh satu orang ahli media, hasil uji keterbacaan oleh 23 siswa SMP kelas VII dan guru IPS. Data mengenai validasi ahli dan tanggapan siswa dengan bentuk skala likert untuk menentukan kategori kelayakan modul interaktif IPS. Modul interaktif IPS dianggap layak untuk digunakan apabila validasi media oleh ahli materi, ahli media, uji keterbacaan guru dan siswa memperoleh kategori rerata skor minimum “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) cara pengembangan modul interaktif IPS melalui tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop); 2) kelayakan modul interaktif IPS dilihat dari validasi ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,40 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi media oleh ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,38 dengan kategori sangat baik; 3) uji keterbacaan modul oleh guru IPS memperoleh rerata skor 3,94 dengan kategori baik dan 4) uji keterbacaan oleh siswa memiliki rerata skor terendah sebesar 3,5 dan rerata skor tertinggi 5 serta memiliki rerata skor kelas sebesar 4,52 dengan kategori sangat baik. Dari hasil rerata skor yang diperoleh terlihat bahwa modul interaktif berbasis CAI layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kualitas yang baik. Kata kunci: modul interaktif, sumber belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 19 Mar 2015 05:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item