Pengembangan Media Lectora pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Character Building bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon

Widiastuti, Asni (2015) Pengembangan Media Lectora pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Character Building bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asni-widiastuti-12712251006.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media Lectora pada pembelajaran tematik-integratif berbasis Character Building pada tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku yang layak bagi peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Bodon, dan (2) mengetahui efektivitas media Lectora pada pembelajaran tematik-integratif berbasis Character Building pada pada tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku bagi peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Bodon. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan yaitu: (a) eksplorasi, (b) pengembangan draft/prototype, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) validasi akhir. Subjek uji coba terbatas adalah 6 orang peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Bodon Kabupaten Bantul dan 1 guru lab SD Muhammadiyah Bodon Kabupaten Bantul. Subyek uji coba lapangan 10 orang peserta didik kelas IV dan 1 guru kelas IV SD Muhammadiyah Bodon Kabupaten Bantul. Subyek uji coba produk operasional siswa kelas IVB SD Muhammadiyah Bodon Kabupaten Bantul yang berjumlah 29 dan dua guru kelas IV. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk media pembelajaran, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, hasil belajar (output dari Lectora), angket respon guru dan angket respon siswa. Teknik analisa data menggunakan pengujian statistik t-test berkorelasi (related) uji fihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Lectora ditinjau dari komponen isi, syarat konstruksi, syarat teknis dan prinsip interaktif baik menurut ahli materi maupun ahli media terkategori “sangat baik”. Rata-rata ketercapaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan ditinjau dari skor sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif Lectora, serta terdapat perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif Lectora.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, lectora, tematik-integratif, pembelajaran berbasis character building
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 09 May 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13113

Actions (login required)

View Item View Item