Evaluasi Kesiapan Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Timur

Jauhari, E.M Thontowi (2015) Evaluasi Kesiapan Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-e.m-thontowi-jauhari.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan satuan pendidikan di Lombok Timur dalam hal: (1) dukungan warga sekolah, (2) kesiapan kepala sekolah, (3) kesiapan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian pada pembelajaran tematik integratif, dan (4) kesiapan sarana dan prasarana penunjang pada proses pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di satuan pendidikan Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi model CIPP (context, input, process, product)dari Stufflebeam. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar yang dijadikan tempat ujicoba (piloting) kurikulum 2013 yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Populasi penelitian ini sebanyak sembilan sekolah yaitu, SD Negeri 3 Aikmel, SD Negeri 3 Rempung, SD Negeri 3 Selong, SD Negeri 3 Pancor, SD Negeri 1 Anjani, SD Negeri 7 Lendang Nangka, SD Negeri 2 Rarang, SD Negeri 4 Rarang, SD Negeri 2 Sepit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari masing-masing variabel penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel konteks, yaitu dukungan warga sekolah didapatkan nilai dengan rata-rata 47,88 masuk pada kategori baik; (2) varibel input, yaitu kesiapan kepala sekolah diperoleh nilai rata-rata 29,55 berada pada kategori sangat baik dan kesiapan guru didapatkan nilai rata-rata 49,44 pada kategori sangat baik sedangkan kesiapan saranadan prasarana sekolah didapatkan nilai rata-rata 31,66 pada kategori baik; (3) variabel proses, yaitu perencanaan pembelajaran di peroleh rata-rata 32,61 berada pada kategori sangatbaik dan pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 25,83 masuk pada kategori sangat baik, penilaian perangkat pembelajaran berupa RPP didapatkan nilai rata-rata 71,38 masuk pada kategori baik, sedangkan obsevasi proses pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 140,83 dalam kategori baik; (4) variabel produk, yaitu ketercapaian program diperoleh nilai rata-rata 32,94 masuk pada kategori sangat baik. Hasil yang dicapai pada masing variabel penelitian ini bahwa, kesiapan satuan pendidikan dilihat dari komponen dukungan warga sekolah, kesiapan kepala sekolah, kesiapan guru, dan kesiapan sarana dan prasarana rata-rata sudah baik, jikadilihat dari kriteria yang telah ditentukan, satuan pendidikan SD di Lombok Timur sudah siap untuk melaksanakan pembelajaran tematik integrati

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, CIPP, tematik integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 09 May 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13106

Actions (login required)

View Item View Item