Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory pada Siswa Sekolah Dasar

Antara, Anak Agung Purwa (2014) Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory pada Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-anak-agung-purwa-antara-09701261007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) metode penyetaraan yang memberikan hasil yang lebih akurat pada penyetaraan vertikal dengan pendekatan Klasik dan penyetaraan vertikal dengan pendekatan IRT; (2) karakteristik tes prestasi belajar matematika model campuran untuk kelas III, IV, V, dan VI Sekolah Dasar yang digunakan dalam penelitian ini; dan (3) perkembangan kemampuan siswa kelas III, IV, V, dan VI Sekolah Dasar pada pelajaran matematika berdasarkan tes yang digunakan. Penelitian ini adalah penelitian tentang penyetaraan vertikal dengan menggunakan data empirik yang dilakukan di Sekolah Dasar kelas III, IV, V, dan VI di Kabupaten Tabanan Bali dengan jumlah sampel 1034 terdiri dari kelas III sebanyak 257 orang, kelas IV sebanyak 257 orang, kelas V sebanyak 260 orang, dan kelas VI sebanyak 260 orang. Instrumen penelitian adalah tes matematika model campuran untuk kelas III, IV, V, dan VI yang disusun bersama guru-guru mata pelajaran matematika. Penetapan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator yang diujikan dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD). Tes yang disusun dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi validitas isi dan keterbacaan soal yang melibatkan 2 orang pakar pendidikan matematika, 6 guru Sekolah Dasar, dan 12 orang siswa Sekolah Dasar. Analisis kuantitatif dilakukan melalui ujicoba instrumen yang dilakukan pada 11 Sekolah Dasar. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan program Parscale dari Muraki & Bock (1997) untuk mendapatkan butir-butir yang baik. Tes yang tersusun selanjutnya digunakan sebagai tes akhir semester pada Sekolah Dasar di Kabupaten Tabanan Bali. Skor siswa pada tes akhir semester tersebut digunakan sebagai data pada penelitian ini. Penyetaraan dilakukan dengan empat metode yaitu metode linier dan ekipersentil pada pendekatan Klasik dan metode mean&mean dan mean&sigma pada pendekatan IRT dengan desain tes anchor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penyetaraan dengan pendekatan Klasik memberikan informasi bahwa Standart Error of Equating (SEE) pada metode ekipersentil sebesar 0.505116 dan SEE metode linear sebesar 0.607607, sedangkan pada penyetaraan dengan pendekatan IRT memberikan informasi bahwa nilai Root Mean Square Different (RMSD) kemampuan (θ) yang dihasilkan metode mean&sigma sebesar 0.344474 dan metode mean&mean sebesar 0.393862. Perbedaan nilai SEE maupun RMSD sangat kecil sehingga kebermaknaannya dalam membedakan akurasi metode penyetaraan yang digunakan masih perlu diteliti lebih lanjut; (2) tes prestasi belajar matematika kelas III, IV, V, dan VI memiliki tingkat kesukaran butir (location) katagori sedang dengan besaran berturut-turut -0.070, -0.228, -0.324, dan -0.430, memilki rerata indeks daya beda (slope) yang baik dengan besaran berturut-turut 0.537, 0.558, 0.639, dan 0.644, serta memiliki items fit statistics minimum berturut-turut sebesar 0.077, 0.052, 0.055, dan 0.198; (3) keempat metode penyetaraan yang digunakan memberikan informasi bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya peringkat kelas, dengan rerata kemampuan siswa kelas III, IV, V, dan VI berturut-turut sebesar -0.10412, -0.07581, 0.004436, dan 0.173415. Kenaikan nilai θ dari suatu peringkat ke peringkat di atasnya juga kecil sehingga kebermaknaannya juga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Metode penyetaraan, Tes model campuran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item