Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SD Negeri Bhakti Karya Depok Sleman Yogyakarta

Fajar Ayu, Ningsih (2015) Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SD Negeri Bhakti Karya Depok Sleman Yogyakarta. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Fajar Ayu Ningsih.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada materi kepahlawanan dan patriotisme dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN Bhakti Karya Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bhakti Karya Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi dan tes (pilihan ganda) yang dilakukan pada akhir pertemuan tiap siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi proses belajar guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi Kepahlawanan dan Patriotisme telah berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bhakti Karya Depok Sleman Yogyakarta. Adapun peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 61 yaitu, pada pra tindakan, ketuntasan prestasi belajar siswa baru mencapai 30 (%), nilai rata-rata 58,67. Pada siklus I ketuntasan prestasi belajar siswa mencapai 60 (%), nilai rata-rata 67,33. Peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebanyak 30 (%). Selanjutnya, pada siklus II prestasi siswa yang mencapai nilai KKM 61 sebanyak 83 (%), nilai rata-rata 75, selisih peningkatan nilai siklus I ke siklus II sebanyak 23 (%), dengan selisih nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II yaitu 7,67. Berdasarkan hasil di atas ditekankan agar seluruh siswa aktif dan dapat bekerjasama baik dengan siswa maupun siswa dengan guru dalam pembelajaran/diskusi kelompok kecil pada pelajaran IPS, sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar sesuai yang diharapkan Kata kunci: Prestasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:56
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item View Item