HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN SEGUGUS DIPONEGORO KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA

Wahyu, Widiyanto (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN SEGUGUS DIPONEGORO KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi efektif siswa kelas V di SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara; (2) prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara (3) hubungan antara kemampuan komunikasi efektif dengan kecepatan prestasi belajar Bahasa Indonesia, terutama siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara sebanyak 137 orang siswa. Pengumpulan data untuk kemampuan komunikasi efektif diambil dengan menggunakan metode angket, angket yang berisikan 47 butir soal yang diuji validitasnya dan menggunakan skala likert. Pengambilan data prestasi belajar bahasa Indonesia menggunakan nilai rata-rata 3 kali ulangan harian. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan statistik non parametris dengan menggunakan teknik analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan komunikasi efektif tertinggi berada pada interval 152-156 sebesar 9%. (2) Siswa dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia tertinggi pada interval 85,8-90,00 sebesar 5%. (3) Terhadap hubungan antara kemampuan komunikasi efektif dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, karena terbukti secara signifikan (meyakinkan) adanya hubungan pada taraf kesalahan 5%. dengan koefisien korelasi sebesar 0,873 yaitu dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. Kata kunci: komunikasi efektif, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item