Wahyu, Widiyanto (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SDN SEGUGUS DIPONEGORO KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
4. Daftar Pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi efektif siswa kelas V di SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara; (2) prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara (3) hubungan antara kemampuan komunikasi efektif dengan kecepatan prestasi belajar Bahasa Indonesia, terutama siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara sebanyak 137 orang siswa. Pengumpulan data untuk kemampuan komunikasi efektif diambil dengan menggunakan metode angket, angket yang berisikan 47 butir soal yang diuji validitasnya dan menggunakan skala likert. Pengambilan data prestasi belajar bahasa Indonesia menggunakan nilai rata-rata 3 kali ulangan harian. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan statistik non parametris dengan menggunakan teknik analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan komunikasi efektif tertinggi berada pada interval 152-156 sebesar 9%. (2) Siswa dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia tertinggi pada interval 85,8-90,00 sebesar 5%. (3) Terhadap hubungan antara kemampuan komunikasi efektif dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, karena terbukti secara signifikan (meyakinkan) adanya hubungan pada taraf kesalahan 5%. dengan koefisien korelasi sebesar 0,873 yaitu dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. Kata kunci: komunikasi efektif, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Mar 2015 12:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13013 |
Actions (login required)
View Item |