UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR TUNGGAL PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL

Retriana, Yuliarti (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR TUNGGAL PADA SISWA KELAS IIB SD NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
RetrianaYuliarti.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar tunggal pada siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan model spiral Kemmis & Mc. Taggart, langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sewon yang berjumlah 31 siswa, 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar tunggal. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 80% siswa telah mencapai KKM yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar tunggal pada siswa kelas IIB SD Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul. Pembelajaran dengan cara menggunakan satu gambar berukuran besar dicetak dalam bentuk banner. Kegiatan diawali dengan siswa mencermati gambar yang ditempel di papan tulis dan mengomentari gambar tersebut. Setelah itu siswa menulis deskripsi pada lembar kerja dan dilanjutkan dengan merevisi tulisan temannya. Kegiatan diakhiri dengan siswa membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Peningkatan tersebut dibuktikan dari hasil keterampilan menulis deskripsi pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM ada 10 siswa atau 32,26%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM ada 17 siswa atau 54,84% dan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 siswa atau 87,10%. Jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 10 siswa atau sebesar 32,26%. Kata kunci: keterampilan menulis deskripsi, media gambar tunggal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item