Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik Integratif untuk Menanamkan Kedisiplinan dan Kepedulian pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II di SDN Glagah Yogyakarta.

Anderiani, Dewi (2014) Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik Integratif untuk Menanamkan Kedisiplinan dan Kepedulian pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II di SDN Glagah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-anderiani-12712259003.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP tematik integratif yang layak; dan menguji keefektifan SSP tematik untuk menanamkan kedisiplinan dan kepedulian pada siswa sekolah dasar kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Depelopment) dengan mengacu pada model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap. Dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ke 9 yaitu studi pendahuluan, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba awal, revisi produk utama, uji coba lapangan, revisi terhadap produk operasional, uji coba lapangan produk operasional, dan revisi produk final. Subjek ujicoba adalah siswa kelas II SDN Glagah Yogyakarta. Subjek ujicoba satu-satu terdiri atas 3 orang dari kelas II.B, uji coba kelompok kecil terdiri atas 10 siswa dari kelas II.B yang belum terlibat dalam uji coba satu-satu dan uji coba lapangan terdiri atas 56 siswa dari kelas II.A dan II.C.Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman wawancara, lembar penilaian produk, penilaian SSP oleh guru, lembar pengamatan karakter siswa, angket karakter disiplin, angket karakter peduli dan lembar penilaian. Hasil penelitian ini berupa SSP yang meliputi: silabus, RPP, LKS dan lembar penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa silabus yang dikembangkan berkategori “baik”, RPP yang dikembangkan berkategori “baik”, LKS yang dikembangkan berkategori “baik”, lembar penilaian berkategori “baik”, media pembelajaran yang dikembangkan berkategori “baik”. Hasil uji coba produk menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar afektif untuk karakter disiplin adalah 91,11 dan peduli adalah 91,82. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa SSP yang dikembangkan layak dan efektif untuk menanamkan kedisiplinan dan kepedulian pada siswa sekolah dasar kelas II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, SSP, tematik integratif , karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12960

Actions (login required)

View Item View Item